Kamus Popok Kain: Aksesoris

by milispopokkain

Diaper Cover : adalah lapisan luar clodi yang sifatnya tahan air atau menolak air. Digunakan pada clodi jenis Fitted, Contour, Prefold dan Flat. Seperti halnya clodi, cover memiliki beragam pilihan. Ada yang berbentuk berkontur spt fitted diapers dan ditutup dengan velcro atau snap. Ada juga yang berbentuk seperti underwear (celana dalam) dengan snap samping.

Bahannya beragam, ada yang terbuat dari polyester atau vinyl untuk menghindari kebocoran dan basah pada baju bayi (cocok untuk pemakaian siang hari), juga ada yang dari bahan wol atau fleece polar (cocok utk bayi yang kulitnya sensitif dan untuk pemakaian malam hari karena sifat bahannya yang lebih breathable).

Insert: adalah bahan penyerap cairan pada clodi jenis pocket. Umumnya terbuat dari microfiber, bambu, hemp atau katun. Insert dapat dikombinasikan antara bahan yang satu dengan yang lain untuk mendapatkan daya serap lebih tahan lama. Bentuk insert ada yang sudah siap pakai (tinggal disisipkan dalam kantung clodi), ada juga yang harus dilipat dahulu sebelum disisipkan. Beberapa clodi jenis pocket mengeluarkan insert ukuran besar yang bisa dilipat (disesuaikan ukurannya).

Doubler: istilah yang sering kali tertukar dengan liner. Doubler adalah pad berbentuk persegi panjang yang disisipkan antara pantat bayi dan bagian inner clodi yang gunanya untuk menambah daya serap. Doubler ini sangat berguna untuk bayi yang pipisnya banyak (heavy wetters) atau untuk pemakaian malam hari. Seringkali doubler bisa berfungsi sebagai insert, atau tambahan insert.

Liners: adalah bahan tipis yang diletakkan antara pantat bayi dan bagian inner clodi yang gunanya untuk menjaga pup bayi agar tidak mengenai inner clodi sehingga mudah membersihkannya. Beberapa produsen clodi memproduksi liner biodegradable yang dapat dibuang di toilet (flushable). Jenis lain dari liner yang saat ini populer adalah liner berbahan microfleece. Bahan ini lebih tebal daripada jenis liner biodegradable dan berguna untuk menjaga pantat bayi tetap kering (stay dry).

Soaker: merupalan istilah yang digunakan untuk dua hal yang berbeda. Pertama, kata ini merujuk kepada lapisan tengah dari clodi yang terbuat dari bahan berbeda dengan bagian clodi lainnya (lebih menyerap, contohnya lapisan tengah clodi jenis AIO dan lapisan penyerap clodi jenis AI2). Kedua, kata ini juga digunakan untuk diaper cover yang terbuat dari wool atau polar fleece.

Wet bag: adalah tas/ kantung yang terbuat dari bahan kedap air misalnya PUL, yang berfungsi untuk menyimpan diaper kotor, baju renang basah, baju kotor, dan sebagainya. Ukuran wet bag bervariasi, dari yang kecil (untuk 1-2 clodi) sampai yang besar.

Dry pail: atau wadah kering, digunakan untuk menyimpan baju atau diaper kotor dalam keadaan kering hingga tiba waktunya mencuci.

Wet pail: atau wadah basah, digunakan untuk merendam baju atau diaper kotor hingga tiba waktunya mencuci

Snappi: adalah alat lentur terdiri dari 3 sisi yang digunakan sebagai penjepit untuk mengunci pada clodi jenis contour, prefolds atau flats. Snappi ini menggantikan fungsi peniti.

Laundry tab: terdapat pada kaitan Hook and Loop (velcro, aplix) yang berfungsi untuk mencegah pakaian lain menempel pada kaitan tersebut saat dicuci dalam mesin.

Snap: adalah kancing mata itik sebagai pengunci clodi atau diaper cover. Fungsi lainnya adalah untuk menyesuaikan ukuran pada clodi one size.

Hook & Loop (velcro, aplix): adalah kaitan pengunci clodi atau diaper cover yang terbuat dari bahan prepet.


Sumber: Diaper PinCloth PlanetWild Flower DiapersAbout.com.

Disusun oleh: Sitha dan Anna

*Dicopy dari blog lama Milis Popok Kain tertanggal 18 April 2010

Tags:

2 Comments to “Kamus Popok Kain: Aksesoris”

  1. semakin menambah pengetahuan, thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: