Dua Tahun Milis Popok Kain

by milispopokkain

Disusun oleh: Inne Utomo

Hooray! Milis Popok Kain is celebrating it’s second anniversary!

Pada tanggal 26 Juli 2011, Milis Popok Kain (MPK) tepat berusia dua tahun. Untuk memperingati peristiwa ini, MPK menggelar acara temu kangen member pada hari Sabtu, 2 Juli 2011. Acara ini dilangsungkan di TK Buana Kids, Buncit Indah, Jakarta Selatan. Acaranya adalah Penjurian Lomba Membuat Popok Kain Daur Ulang (Recycle), Workshop Membuat Popok Kain Daur Ulang dan Lomba Memakaikan Popok Kain. Ditutup dengan acara potong tumpeng, potong kue, bagi-bagi goodie bags dan makan-makan. Seru, asik dan mengenyangkan!

Penjurian Lomba Membuat Popok Kain Daur Ulang diserahkan kepada tiga orang juri yang berwawasan luas mengenai popok kain. Juri pertama adalah salah satu moderator milis yang kerap disapa Djeng Eni. Juri kedua adalah produsen Enphilia, yaitu Mom Rika. Dan juri ketiga adalah juragan toko KedaiJajaKaulan yang piawai membuat popok kain sendiri (home made cloth diaper) yaitu Mom Citra.

Karya peserta lomba yang masuk berjumlah empat karya. Meskipun sedikit, ternyata karya yang masuk ini termasuk karya yang bagus dan rapi. Para juri dibuat terkesan oleh kreativitas para peserta dalam menciptakan karyanya. Anak-anak para peserta ini akan senang sekali memakai popok buatan ibunda mereka. Wah, persis seperti tema acara ultah kedua Milis Popok Kain: “Creative Mom, Happy Kids!”

Pemenang lomba ini adalah Mom Ossy, dengan popok kain yang dimodifikasi dari celana pop dan kaus bekas. Juara kedua adalah Mom Maya Annisa dengan popok kain dari kain bekas bedong. Juara ketiga dan keempat diraih oleh Mom Siska Utari yang membuat dua karya, yaitu satu popok dari kaus bekas dan satu popok dari kain alas ompol.

Workshop Membuat Popok Kain Daur Ulang diramaikan oleh kehadiran Mom Mariza (Icha) MetalMom. Mom Icha dengan sabar dan penuh kesiapan sukses memberikan materi. Materinya mengenai teknik menjahit, tips dan trik memilih bahan serta langkah-langkah menjahit popok kain. Peserta yang terdiri dari ibu hamil dan ibu yang menyukai popok kain ini semakin ramai karena semua peserta sangat bersemangat. Beberapa orang sempat mengatakan bahwa workshop kali ini sebaiknya dilanjutkan di lain kesempatan. Karena ternyata, seluk beluk menjahit popok kain menarik sekali untuk dibahas lebih lanjut.

Tak kalah seru, di akhir acara ada Lomba Memakaikan Popok Kain. Tiga orang ibu berpasangan dengan anaknya adu cepat berburu popok kain yang disembunyikan di beberapa tempat, lalu memasangkan popok kain ke anak masing-masing. Ada anak yang menangis keras, tapi justru jadi pemenang! Hihihi, seru!

Setelah semua acara terlaksana, perut pun lapar. Tumpeng dengan lauk pauk lengkap sudah tertata rapi, disediakan oleh penggagas Milis Popok Kain, Sitha Puspita. Kue coklat dari Bless Cloth Diaper sudah menggoda untuk segera dilahap. Bersama-sama para pengunjung, peserta dan panitia diadakan doa bersama serta penutupan acara yang dilanjutkan dengan makan-makan. Ketika tiba waktunya pulang, semua yang hadir pun semakin senang karena dapat oleh-oleh popok kain dari sponsor Zigie Zag dan GG. Asiiik, dapat ilmu, ketemu teman-teman, plus dapat oleh-oleh popok gratisan!

Tentu saja suka cita juga dirasakan oleh para pemenang yang memperoleh bingkisan besar dari para sponsor acara ini, yaitu Griya Kinanthi, MamaBebeShop, SarinaJuno Shop, AceShop dan Kios Mama Anna. Milis Popok Kain juga sangat berterimakasih pada Bank Bukopin yang bekerjasama dengan Haryono Suyono Center yang telah mengelola TK Buana Kids dan mengizinkan Milis Popok Kain meminjam lokasi acara. Tak lupa, serta kontribusi dari Grosir Papoose, Borneo Baby Shop dan Kios Online Wonder Womom dalam acara ini.

Nah, agar kebersamaan ini semakin bermanfaat untuk kita semua, Milis Popok Kain memberikan sumbangan berupa uang tunai sebesar Rp. 1.000.000,- kepada Panti Asuhan Balita Tunas Bangsa di Cipayung, Jakarta Timur. Dana ini berasal dari hasil penggalangan dana yang berlebih dari biaya acara. Bakti sosial ini juga berupa kelanjutan dari acara tahun lalu berupa sumbangan popok kain dari Milis Popok Kain kepada yayasan tersebut.

Demikian cerita ulangtahun kedua MPK, semoga tahun depan lebih seru ya.

Salam Popok Kain!

Panitia

Pelindung dan Penanggung Jawab – Sitha Y. Puspita (Sitha)
Ketua Panitia / Kord. Acara – Eine Ayu Saraswati (Inne Utomo)
Kesekretariatan – Fatimah TZ
Bendahara – Didiet Ariwibowo (Didiet)
Sponsorship & Media – Dwi Annaningsih (Anna) & Rina Oktavani (Neena)
Publikasi – Ariesia Puriwangi Arina (Aiz)
Konsumsi – Friska Krismariani (Friska)
Perlengkapan & Dekorasi – Virdian (Dian) & Novita Budi S (Vita Giggs)
Dokumentasi – Adityo Dwinanto (Adit)

Related LINKS:

Pengumuman Lomba & Workshop Membuat Popok Kain “Creative Mom, Happy Kids!”

Panitia HUT Milis akan Siaran di Radio DFM

NUJU Spesial dari Panitia HUT Milis

Pemenang Lomba Membuat Popok Kain Recycle

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: