FAQ: Harus Punya Berapa Popok?

by milispopokkain

Pertanyaan ini sering sekali dikemukakan di dalam diskusi Milis Popok Kain. Sebenarnya kebutuhan setiap bayi mungkin saja tidak sama, tergantung kondisi masing-masing seperti frekuensi – kuantitas pipis bayi, jenis popok kain, jadwal pencucian popok, atau bahkan preferensi sang ibu sendiri.

Sebagai gambaran saja, berikut ini kami kutip dari blog Baby’s World tertanggal 10 Agustus 2009 yang berjudul Jumlah Popok Kain.

 

“Sebenarnya berapa ya jumlah popok kain yang harus disediakan di rumah? Info dari satu penjual popok menyebutkan minimal 15 bila mencuci dua hari sekali. Di buku panduan saya dituliskan jumlah yg diperlukan sesuai jenis popok yg kita inginkan (misalkan utk AIO integral berhubung keringnya lebih lama jadi perlu lebih banyak dibanding jenis pocket).

Saya sendiri berusaha menganalisa kebutuhan pribadi dengan berdasarkan pengalaman selama empat bulan ini. Pertimbangan saya begini:

  • Lihat dulu berapa banyak popok yg diperlukan dlm sehari. Bila penggantian popok kurang lebih setiap 3 jam, maka berarti dalam sehari memerlukan 8 popok.
  • Kemudian lihat cuaca pada umumnya, bila lebih banyak panas, maka jemuran kering lebih cepat. Jadi, stok popok tidak perlu banyak.
  • Lihat juga kemungkinan kondisi musim hujan atau musim dingin. Pastinya jemuran jadi lama keringnya.

Oke, sekarang kalau kondisinya seperti saya:

  • mengganti popok setiap 3 jam sekali
  • hidup di negara 4 musim (dimana kondisi dingin lebih banyak, apalagi dgn perubahan iklim spt skrg ini), serta
  • lebih banyak pakai flat dan fitted diapers (jadi kl yg fitted bambu dan hemp pasti keringnya lebih lama).
O iya, kenapa 3 jam sekali ganti popok? Krn itu yg dianjurkan perawat dan dokter waktu saya baru melahirkan di RS (menyusui setiap 3 jam kemudian ganti popoknya). Selain itu, bayi saya type yang kalau basah dikit udah langsung bunyi (bukan nangis yah, asli bunyi doang… hehe…). Dgn flat dan fitted diapers yg nota bene tanpa fleece, sudah pasti langsung bunyi kalau pantat si kecil basah.

Oke, oke… Perhitungannya jadi begini:

  • Hari pertama menggunakan 8 popok (kloter 1)
  • Hari kedua menggunakan 8 popok (kloter 2), sementara popok kloter 1 dicuci paginya
  • Hari ketiga menggunakan popok kloter 1 BILA sudah kering. Kalau belum, ya terpaksa harus ada popok kloter 3. Sementara itu, popok kloter 2 dicuci.
  • Hari keempat, seharusnya popok kloter 1 sudah kering ya. Jadi popok tsb yang digunakan.

Total berapa tuh, 16 kalau musim panas, 24 kalau sinar matahari tidak banyak. Ini untuk kondisi pencucian popok sehari sekali. Kalau dua hari sekali?

  • Hari pertama, 8 popok kloter 1
  • Hari kedua, 8 popok kloter 2
  • Hari ketiga, 8 popok kloter 3, sementara popok kloter 1 dan 2 dicuci
  • Hari keempat, 8 popok kloter 1 BILA sudah kering. Kalau belum, harus ada 8 popok kloter 4.
  • Hari kelima, seharusnya popok kloter 1 dan 2 sudah kering…

Total berapa ya… 24 kalau musim panas dan 32 kalau musim lainnya. Duh, banyak juga… Pantas popok di rumah kadang terasa kurang, terutama bila sinar matahari sedang irit-iritnya…

Jadi, beli lagi?

PS. Ini perhitungan berdasarkan pengalaman pribadi, pada bayi usia newborn sampai sekitar 4 bulan, ASIX dan proses pencucian diapers menggunakan mesin cuci dengan pilihan setting suhu dan setting jenis bahan/kain.”

 

Contoh lain:

Jenis popok yang ingin dimiliki adalah pocket diapers semua. Tinggal di daerah yang relatif panas dan banyak sinar matahari. Pencucian setiap pagi dengan tangan. Berapa jumlah popok yang dibutuhkan?

Kalau penggantian popok pada anak tetap sama dengan di atas, yaitu sekitar 3 jam sekali, maka kebutuhan per hari tetap 8 buah popok. Dengan rutin pencucian setiap hari, sinar matahari bisa dikatakan cukup, sehingga popok kain yang dijemur selalu bisa kering di sore hari. Jadi, pocket diapers yang dibutuhkan adalah 8 (hari pertama) plus 8 (hari kedua) menjadi 16 buah.


Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: