Laporan Pandangan Mata Seminar “EVERYTHING ABOUT CLOTH DIAPERS.”

by milispopokkain

Masih ingat blog post tentang acaranya Clodi Addict: Everything About Cloth Diapers? Nah, pada event tersebut, Milis Popok Kain diwakili oleh Mom Sukma Pertiwi, mommy-nya Rara dan Jojo. Berikut ini adalah laporan pandangan mata dari Mom Sukma.

“EVERYTHING ABOUT CLOTH DIAPERS.”

Hari Sabtu tanggal 12 November 2011 kemarin telah terselenggara satu event sharing seputar cloth diapers yang diadakan oleh Clodi Addict bekerja sama dengan The Urban Mama & GiggleFX. Acara tersebut bertemakan: EVERYTHING ABOUT CLOTH DIAPERS dan berlangsung dari jam 11.00  sampai 14.00 bertempat di fX Lifestyle X’nter, F5th Floor Jakarta. Yang menarik, acaranya gratissss alias tidak dipungut biaya dan narasumbernya itu lho, gak main-main. Ada mba Rika Winurdiastri dari RumahPopok, Mbak Trisiana Tana dari Green Nappy, dan juga Teh Ninit Yunita foundernya The Urban Mama. Sub topik bahasan dalam acara ini adalah sebagai berikut :

This sessions will answer all FAQs on Cloth Diapers: 

  • Why use cloth diapers?
  • Is it only about money saving? 
  • What is the best way to wash cloth diapers? 
  • How many do I need? 
  • What type of cloth diapers? 
  • And any other questions you have …

Intinya yang mau tahu tentang popok kain, atau memperdalam ilmu perpopokan, seminar ini adalah kesempatan yang bagus untuk tujuan tersebut. Saya sudah excited membayangkan serunya acara seperti apa, dan juga ingin menimba ilmu lebih banyak dari para narasumber yang berpengalaman. Karena lokasinya juga selantai dengan Clodi Addict, kita juga bisa berkesempatan untuk ”merasakan” alias melihat langsung popok kain dengan berbagai bahan dan berbagai merk. Acara dimeriahkan dengan games dan doorprizes yang tentunya  semakin menguatkan hati pecinta popok kain untuk  tidak melewatkan event ini. Apalagi, penyelenggara acara turut bekerja sama dengan:  Green Nappy, FuzziBunz, Blueberry, Charlie Banana,Rumah Popok, jadi kebayang kan hadiah games dan doorprize-nya?

Milis Popok Kain juga menjadi salah satu pendukung acara seminar EVERYTHING ABOUT CLOTH DIAPERS iniMengapa demikian? Mengutip pernyataan Mbak Sitha – owner Milis Popok Kain – yang sempat dilontarkan beberapa waktu lalu di milis, “Acara tsb didukung oleh Milis Popok Kain berkenaan dgn tujuan utamanya, yaitu sosialisasi popok kain, satu bentuk kegiatan yang kita sendiri ingin sering2 bikin tapi terbentur beberapa hambatan salah satunya dana”. Acara ini juga sesuai dengan misi Milis Popok Kain, yakni sebagai support group kepada para orang tua yang memakaikan popok kain pada bayi dan anaknya

Saya diberi kehormatan untuk mewakili milis datang ke seminar sekaligus bertugas untuk membuat laporan pandangan mata. Semoga saya melaksanakan tugas ini dengan baik. Amin.

Sayang sekali, pada hari H saya terlambat hadir (sudah izin moderator MPK tentunya), sehingga tidak bisa menjelaskan dengan panjang lebar mengenai isi presentasi. Mbak Vita dari Clodi Addict sedang berusaha mendapatkan izin empunya presentasi, jadi sabar saja ya Bapak dan Ibu, pasti akan diupload ke file milis kalau sudah dapat izin.

Karena keterlambatan tersebut, saya ketinggalan sharing dari Mbak Rika Rumah Popok, dan juga presentasi yang dibuat dan dibawakan Mbak Trisiana Green Nappy. Dalam handout presentasi, dapat dibaca penjelasan mengenai macam-macam popok kain modern (seperti apa bedanya AIO, AI2, pocket, dan sebagainya), kemudian unsur-unsur didalamnya (istilah-istilah yang sering kita dengar seperti : inner, outer, soaker, cover, semuanya dibahas disini). Kemudian juga cara memakaikan popok kain ke bayi laki-laki dan perempuan, ada juga macam-macam material popok kain (ini dia yang paling menarik, karena menurut cerita anggota milis yang mengikuti dari awal, mbak Trisni ini ahli material popok kain, pasti sangat lengkap sewaktu menjelaskannya secara langsung). Yang menarik, di presentasi ada gambar-gambarnya, sehingga kita bisa lebih mendapatkan gambaran mengenai bahan tersebut. Kemudian, dijelaskan juga mengenai do and don’t dalam perawatan popok kain. Disini disebutkan juga lho, merk-merk deterjen yang kurang aman,  sepertinya mana, dan aman dalam pencucian cloth diaper. Cara-cara stripping juga disebutkan di sini. Seru ya! Serasa jadi master popok kain setelah keluar dari Fx  (maaf, ini berlebihan).

 Saya datang tepat waktu dimulai sesi tanya jawab  yang terakhir (dan bodohnya saya setelah saya bergaya bak wartawan dengan mencatat pertanyaan dan jawaban ke memopad di BB, catatan tersebut raib dengan sukses karena –sepertinya- belum sempat disave. ) Kabar baiknya, ingatan saya lumayan tajam untuk memberi gambaran kepada bapak dan ibu semua, kecuali nama-nama sang penanya tentunya😀

Ada seorang ibu yang baru mulai memakaikan popok kain pada anaknya, dan bertanya rekomendasi untuk bayi newborn. Mbak Ninit, sebagai pengguna cloth diaper menjelaskan pengalamannya. Anaknya sudah dipakaikan bumwear petite untuk newborn. Narasumber yang lain (sepertinya Mbak Rika kalau tidak salah), bahwa newborn bisa dipakaikan flat diaper, popok tali, atau prefold terlebih dahulu sampai beberapa bulan, baru setelah itu bisa pakai model yang lain. Hal ini dikarenakan pada masa awal kehidupannya, bayi akan sering buang air kecil dan besar, sehingga kuantitas penggantian popok tentunya akan lebih banyak juga.

Kemudian pertanyaan dari seorang Ibu mengenai noda pada insert ataupun inner yang susah hilang dikala musim hujan, karena pemutih noda alaminya (baca : sinar matahari). lebih banyak ngumpet. Mbak Rika menyatakan dia belum pernah ada masalah kalau musim hujan, karena diusahakan setelah BAB, kotoran yang ada di popok dihilangkan semaksimal mungkin dengan jet spray. Chika alias Siska Knoch dari The Urban Mama, yang saat itu bertugas sebagai MC, menambahkan jikalau para mama tidak punya jet spray silakan dibersihkan dibawah air keran yang mengalir. Dan juga disarankan oleh Mba Tris agar jangan lama-lama ditunda penyuciannya. Sesuai sarannya di presentasi, popok kotor maksimal didiamkan selama 2 hari, karena kalau terlalu lama didiamkan sebelum dicuci akan menimbulkan jamur. Mba Tris menambahkan juga, memang ada perbedaan dari bahan popok  dalam penyerapan noda. Seperti bamboo yang lebih menyerap noda daripada microfiber, sehingga relative terlihat nodanya susah hilang. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena tidak mengurangi performa.

Adapula pertanyaan mengenai stripping. Stripping dengan cara rebus ternyata membuat serat-serat microfiber jadi rusak lho Moms! Saya baru tahu juga di seminar ini. Jadi, ada beberapa alternative stripping dengan sodium bicarbonate dan juga cuka. Metoda stripping yang seperti ini, sedang menjadi bahan perbincangan di milis akhir-akhir ini.

Nah, setelah sesi tanya jawab, tibalah waktunya sesi Quiz! Mom Chika melontarkan beberapa pertanyaan yang dengan sukses dijawab peserta, Salah satu anggota milis ada yang benar menjawab perbedaan antara AIO dan AI2, yakni mom Citta ( Hai Mom!), kebetulan kami duduk sebelahan namun saya belum sempat ngobrol lebih banyak. Kemudian saya sendiri juga berinisiatif menjawab pertanyaan pantangan dalam perawatan popok kain. Sempat panic karena ditodong jawaban, jadi hanya bisa menjawab 3 (ini juga udah dibantu sama mama yang lain karena gemes kok saya ga bias jawab, padahal gampang). Saya juga melakukannya, tapi kenapa sulit diucapkan ya?? Wah maaf jadi pembelaan ni, tapi saya berhasil dihadiahi Lovey Dovey AIO motif jerapah yang sangat lucu. Terimakasih ya! Kemudian ada juga yang berhasil menjawab perbedaan pengaturan insert untuk anak laki-laki dan perempuan.

Setelah semua puas dapat hadiah, masih ada doorprize lagi. Haduh, benar-benar banjir hadiah!. Acara ditutup dengan senyuman para ibu-ibu yang sudah membawa “gembolan” hadiah di dalam tasnya. Tiba saatnya para Ayah yang deg-deg-an karena games memakaikan clodi akan segera dimulai. Cihuuuy, seru sekali!

Sebenarnya saya ingin ngobrol lebih lanjut dengan Mbak Tris dan Mba Rika, namun apa daya saya mau meliput acara lomba memakaikan clodi ini.

Walaupun gamesnya kurang ideal karena popok yang dikenakan bermacam-macam, ada pospak, ada popok kain, ada yang model pull up, ada yang dengan snap dan Velcro, namun seru sekali. Ternyata para Bapak ini sangat mahir memakaikan popok. Saya yakin, pasti ada ayah yang sangat didukung istri tercinta karena hadiahnya cloth diaper impor lho! Seperti Blueberry (yang jadi idaman Ibu-Ibu se MPK *lebay*) dan juga Charlie Banana. Semoga pemandangan di acara lomba tersebut jadi pemandangan sehari-hari juga ya di rumah (sepertinya kelihaian bapak-bapak peserta lomba tadi didapatkan dari “latihan “tiap hari).

Pemenang untuk kategori baby adalah Bapak Dono. Hayooo suami siapa aja nih yang ada disini? Ada suami dari Mom Kitty dari Milis yang juara 2. Kemudian pemenang dari kategori toddler saya tidak tahu namanya, yang saya tau nama istrinya, yakni mom Dian anggota Milis Popok Kain J. Semuanya bawa hadiah, oh senangnya. (ada yang sedang prewash Blueberry Minky nih sepertinya).

Oiya, semua yang datang diberi goodie bag yang berisi snack, minum, mug cantik, souvenir dari Giggle, pin dari The Urban Mama. Kalau untuk saya ada tambahan Lovey Dovey, dan juga stiker dari Milis Popok Kain yang lucu dan so “green”.

Terimakasih untuk penyelenggara dan semua sponsor, semoga semakin banyak acara yang bertujuan sosialisasi popok kain seperti ini, sehingga misi kita dapat meluas di berbagai kalangan masyarakat.

Sampai jumpa di acara Milis Popok Kain selanjutnya!

Sukma

PS. Terima kasih Mom Sukma atas laporan dan foto2 scrapbook-nya yang cantik… Juga, terima kasih utk Mom Citta atas foto hadiahnya. Thank you!

Tags:

2 Comments to “Laporan Pandangan Mata Seminar “EVERYTHING ABOUT CLOTH DIAPERS.””

  1. Baru sempet mampir lagi ke sini ^^
    Kyaa~~ senangnya Danny Boy & Papa’nya mejeng disini… hehehe
    Acaranya bener2 sukses loh!!
    Thanks to Mom Vita, TUM and MPK….
    Kayanya kudu sering2 nie adain sosialisasi kaya gini… hihihi
    Hadiah dan goodie bag’nya bener2 okey punya lohhh!!
    Nyesel deh yg nda dateng ^^

    ~ Daniel’s Mom ~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: