Liputan Talkshow Serba Serbi Popok Kain Balikpapan

by milispopokkain

Acara Talkshow Popok Kain dengan tema “Serba Serbi Popok Kain” berlangsung dengan sukses di Balikpapan.  Bekerja sama dengan RS Pertamina Balikpapan, acara tersebut berlangsung di Ruang Auditorium RS Pertamina Balikpapan hari Sabtu, 10 Desember 2011 pukul 10.00 WITA – selesai. Narasumber acara tersebut  adalah Mbak Widdy Rizky, pemerhati dan perintis industri popok kain modern di Indonesia, sekaligus owner dari brand popok kain Zigie Zag. Milis Popok Kain sendiri diwakili oleh Mbak Retno Handayani, yang jauh-jauh hadir dari Yogyakarta. Sayang sekali ketua milis, Sitha Puspita, dan ketua panitia acara, Friska Adityas, tidak dapat hadir di acara tersebut karena berdomisili di lain kota. Namun demikian, acara berlangsung sukses dan sesuai dengan harapan.

Foto 1. Mba Widdy Rizky dan Mba Retno Handayani

Acara dibuka dengan perkenalan narasumber, kemudian presentasi oleh Mba Widdy tentang manfaat popok kain, jenis-jenisnya, istilah seputar popok kain, cara penggunaan, cara memilih, perawatan dan bahkan ide untuk membuat popok kain sendiri. Terhitung ada 23 peserta yang hadir di acara tersebut. Semuanya cukup antusias, karena segala serba serbi popok kain dikupas tuntas di acara ini. Selain itu, topic yang dibawakan juga sangat menarik dan dibawakan dengan ringan oleh narasumber.

Dari penjelasan Mba Widdy, para peserta yang awalnya hanya mengetahui sekilas tentang popok kain jadi terbuka dan lebih paham apa saja jenis popok kain yang sekarang sudah beredar di pasaran. Memakai popok kain tentu saja lebih hemat, lebih sehat, dan lebih ramah lingkungan daripada memakai popok sekali pakai. Jangan dibayangkan popok kain yang berupa kain tetra dan tali kecil, sekarang ini sudah banyak popok kain modern dengan berbahan lapisan laminasi Polyurethane sehingga tidak bocor dan membantu mencegah ruam untuk bayi. Istilah kerennya untuk popok kain modern ini adalah Cloth Diaper. Kebanyakan yang ada di pasaran berukuran one size dan dapat dipakai dari berat 3-13kg, artinya sangat hemat karena bisa dipakai dalam jangka waktu sekitar 2 tahun. Malah masih bisa juga diwariskan ke anak kedua atau saudara yang lain.

Dalam presentasinya, Mba Widdy juga menjelaskan bagaimana cara merawat popok kain supaya awet. Mengutip kata-kata Mba Widdy “Popok kain modern sebaiknya tidak dicuci dengan pemutih atau pewangi, tidak disetrika dan sebaiknya memakai deterjen yang bebas enzyme”. Mba Widdy juga menjelaskan, bahwa popok kain tidak harus selalu beli tapi juga dapat dibuat dari bahan-bahan bekas seperti kaos atau bahan handuk.

Seusai presentasi, dibuka sharing session. Para peserta cukup antusias bertanya tentang popok kain modern. Kebanyakan peserta adalah kaum awam dan kurang mengerti tentang adanya popok kain modern. Komentar salah satu peserta, Umi Hariroh, “Seminarnya bagus, cocok banget untuk ibu muda seperti saya yang belum tahu ada popok kain modern yang ternyata jauh lebih bagus daripada popok sekali pakai. Seminar seperti ini harusnya diadakan di kota-kota lain supaya lebih banyak yang tahu dan beralih ke popok modern.

Foto 2. Para Peserta Serius Mendengarkan Penjelasan Mba Widdy

Usai sharing, dilanjutkan dengan kuis. Tiga orang yang beruntung memberikan jawaban sesuai pertanyaan kuis mendapatkan bingkisan dari panitia. Selain itu ada session door prize yang cukup menarik dan disambut gembira oleh semua peserta. Karena jumlah doorprize yang cukup banyak, hampir seluruh peserta beruntung mendapatkan doorprize.

Terakhir, acara ditutup dengan serah terima souvenir ucapan terimakasih dari panitia kepada pihak RS Pertamina Balikpapan dan Ibu Widdy. Tidak lupa berfoto bersama para panitia, narasumber dan para peserta. Arfik Badariah, yang hadir sebagai peserta berpendapat “Bagus acaranya, banyak ilmu yang didapat, doorprize juga bagus-bagus, sayang saya ngga dapat…sayang juga acaranya kurang lama. Tapi yang pasti acaranya bagus, santai dan ngga membosankan!

Foto 3. Foto Bersama Seusai Acara

Benar-benar acara yang menarik, dengan HTM hanya 10.000 rupiah, peserta mendapatkan banyak informasi tentang popok kain, satu set seminar kit dan juga snack. Rasanya sangat banyak manfaat yang didapat dibandingkan jumlah uang yang dikeluarkan. Tidak rugi menyempatkan waktu untuk datang ke acara tersebut. salah seorang peserta, Nita, menyatakan “Dengan ikut talkshow ini saya jadi lebih mengerti apa saja bagian dari popok kain. Lebih tahu bagaimana prewash yang benar dan cara strippingnya. Apalagi kalau tadi ditambah dengan banyak contoh clodi, jadi bisa membandingkan antara popok Indonesia dengan popok luar. Selain itu souvenirnya cantik, ada notes dan gantungan kunci dari Milis Popok Kain.” Peserta lainnya, Rika Febri juga menambahkan, “Materinya mantap, penuh ilmu, ga bosenin dan ga bikin ngantuk! Dengan tiket 10.000 ga rugi deh ikutan acara ini”.



Foto 4. Seminar Kit

**********************************************************************************************************************

Terima kasih banyak kepada:

  • Mom Friska dan Mom Nita atas penyusunan liputan ini.
  • Saudara Ahmad Fauzan Azhar atas semua foto-foto liputan acara ini.

Salam popok kain!

Moderators

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: