Cloth Diaper Week 2013

by milispopokkain

4da2374b-483a-4afa-b29e-1606d7204e15_zpse88e0ee2

Dear, parents!

Dalam rangka merayakan ulang tahun komunitas Milis Popok Kain yang ke-4, kami hendak menyelenggarakan rangkaian acara Cloth Diaper Week 2013 atau disingkat menjadi CDW.

Apa itu CDW?

CDW adalah periode satu pekan dimana para orang tua menambah satu frekuensi penggantian popok kain dalam satu hari sehingga mengurangi penggunaan satu popok sekali pakai (pospak) dalam sehari (jadi akan mengurangi tujuh pospak dalam seminggu).

Contoh:

  • Ibu A mengkombinasikan pemakaian popok kain dan pospak kepada anaknya. Dalam satu hari biasanya Ibu A menggunakan popok kain sebanyak tiga kali, dan selebihnya menggunakan pospak. Dalam CDW, Ibu A menambah frekuensi penggunaan popok kain menjadi empat kali dalam satu hari.

  • Ibu B belum pernah memakaikan popok kain kepada anaknya. Dalam CDW, Ibu B mencoba menggunakan popok kain sebanyak satu kali dalam sehari.

Sederhana kan? Yak, sederhana sekali. Tapi hasilnya akan berarti lho… Kenapa?

  • Karena melalui CDW ini, orang tua bisa bertambah pengalamannya dalam memakaikan popok kain kepada si kecil. Semakin berpengalaman maka semakin percaya diri juga.

  • Karena kita bisa menyatakan kecintaan kita akan kelestarian bumi yang kita tinggali dengan cara mengurangi sampah pospak. Hasilnya tidak hanya untuk kita di masa sekarang namun juga untuk anak cucu kita di masa mendatang (Note. 22 April 2013 adalah Hari Bumi alias Earth Day lho! Selamat Hari Bumi yaaaa…)

  • Karena… peserta CDW bisa mendapatkan kesempatan memperoleh hadiah voucher belanja keperluan bayi-balita di online shops terkemuka. Nilai hadiahnya antara Rp. 150.000,- sampai dengan Rp. 350.000,- Waow!!


 Tertarik namun si kecil belum punya stok popok kain yang cukup untuk menambah frekuensi berpopok kain?

Jangan khawatir. Pada tahap persiapan atau yang kami sebut Pre-CDW, para online shops partisipan CDW 2013 akan memberikan harga khusus selama periode 22 April – 5 Mei 2013. Daftar online shops rekanan akan diumumkan lengkap dengan lokasi usahanya setiap hari Selasa dan Sabtu pada periode 22 April – 5 Mei tersebut. Jadi, para orang tua bisa memilih online shops yang sesuai dengan lokasi tempat tinggal masing-masing. Sejauh ini sudah ada beberapa online shops yang terdaftar dan lokasi mereka bervariasi, dari Jakarta, Tangerang, Banyumas, Jember, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Padang, dan yang lain masih akan menyusul.


Cloth Diaper Week-nya sendiri kapan dan acaranya seperti apa?
CDW akan dimulai pada tanggal 20 – 26 Mei 2013. Dalam waktu seminggu itu, para peserta CDW bisa mengirimkan foto si kecil berpopok kain ke media sosial komunitas Milis Popok Kain yaitu melalui Twitter @milispopokkain atau Facebook Group Cloth Diapering Parents Indonesia (CDPI). Cuma itu? Tidak… Selama seminggu itu, para peserta juga bisa sharing atau bertanya seputar popok kain. Kalau ada pertanyaan atau masalah apapun, langsung saja tweet ke @milispopokkain atau posting di wall FB Group CDPI. Mau bertanya dengan menyertakan fotonya (misalkan foto popok yang kancing snapnya copot)? Boleh juga… Yang jelas, selama seminggu itu kita akan membahas dan berbagi semua informasi seputar popok kain, dari yang tradisional sampai yang modern.

Lalu, bagaimana cara berpartisipasi dalam Lomba Foto?

Semua peserta yang sudah mem-posting foto CDW ke media sosial komunitas Milis Popok Kain bisa mengikutkan fotonya ke Lomba Foto. Bila ada orang tua yang mem-posting foto lebih dari satu dalam sepekan itu, silakan atuh dipilih satu saja yang akan diikutsertakan dalam Lomba Foto.

Peserta harus mengirimkan satu foto yang diikutsertakan dalam lomba ke alamat email tertentu . Lima orang pertama yang mengirimkan fotonya ke alamat email tersebut akan menerima surprise gift! Wuhuu…! Surprise gift akan berupa aksesoris berpopok kain jadi pasti akan berguna sekali.

Kriteria Penilaian Lomba Foto?

Tentunya foto akan dinilai berdasarkan kesesuaian dengan tema Cloth Diaper Week 2013. Detail mengenai Lomba Foto akan diumumkan secara terpisah (add: sudah bisa dilihat di sini).

Pemenang Lomba Foto ada berapa?

Juri akan memilih tiga (3) pemenang yang akan menerima hadiah voucher belanja keperluan bayi – balita dengan perincian sebagai berikut:

  • Pemenang 1: Voucher belanja sebesar Rp. 350.000,-

  • Pemenang 2: Voucher belanja sebesar Rp. 250.000,-

  • Pemenang 3: Voucher belanja sebesar Rp. 150.000,-

Kemudian, para pemenang lomba foto akan diminta untuk menuliskan artikel singkat mengenai kesan-kesannya selama mengikuti Cloth Diaper Week. Artikel-artikel tersebut akan ditayangkan di blog Milis Popok Kain sebagai penutup rangkaian acara CDW.

 ***

Bagaimana? Masih bingung? Semoga tidak. Tapi kalau ternyata masih bingung juga, silakan comment di bawah.

Yuk, ikutan yaa… Dan ajak teman-teman lainnya untuk berpartisipasi…

Acara Cloth Diaper Week 2013 disponsori oleh: Gee Gallery, Lovelytots, Minikinizz, ZigieZag, Fits For You, Pempem!, Bayi Bule, Pipi Bayi Shop, Bunda Hebat dan Farzana Clodi, serta diramaikan oleh 27 online shop partisipan. Terima kasih!

 

 

Salam popok kain!

Panitia Cloth Diaper Week 2013

 

Mailing List: popok-kain@yahoogroups.com

Twitter: @milispopokkain
Facebook group: Cloth Diapering Parents Indonesia
 
Tags:

2 Trackbacks to “Cloth Diaper Week 2013”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: