Cloth Diaper for All, Berbagi Pada Sesama

by milispopokkain

Untuk lebih mengenalkan cloth diaper (popok kain) di kalangan masyarakat yang tergolong kurang mampu, Minikinizz beserta Milis Popok Kain menggelar bakti sosial yang bertajuk “Cloth Diaper for All”. Kegiatan ini sekaligus dalam rangka merayakan ulang tahun yang pertama Minikinizz sebagai produsen popok kain.

Cloth Diaper for All (CDA) adalah kegiatan dimana dalam periode satu bulan para orangtua bisa saling berbagi dengan menyumbangkan popok kain yang sudah tidak terpakai kepada mereka yang kurang mampu. Setiap popok kain yang disumbangkan dapat mengurangi beban ekonomi mereka serta membantu menjaga lingkungan dengan berkurangnya jumlah sampah yang sulit terurai. Popok kain yang sudah terkumpul kemudian dibagikan kepada para ibu-ibu yang mempunyai bayi yang tinggal di RW 07 Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Pada minggu awal masa pengumpulan clodi, panitia sempat khawatir karena jumlah popok kain yang terkumpul masih kurang dari 10 buah. Panitia berinisiatif untuk lebih gencar lagi menyebarkan informasi program CDA ini kepada khalayak melalui berbagai media yang ada, terutama media sosial seperti facebook dan twitter di masing-masing komunitas yang menjadi media partner program ini.

Kekhawatiran bertambah ketika pada saat konfirmasi ulang dengan pengurus RW setempat diperoleh informasi bahwa jumlah ibu-ibu penerima donasi sekitar 200 orang. Padahal pada saat itu baru terkumpul 60-an buah popok kain. Oleh karena itu disepakati, penerima donasi dibatasi pada ibu-ibu yang memiliki bayi umur 0-1 tahun yang jumlahnya sekitar 120-an.

Tetapi untunglah, berkat kegigihan semua pihak sehingga di minggu terakhir justru jumlah donasi popok kain meningkat tajam. Akhirnya selama sebulan masa pengumpulan popok kain terkumpul juga 193 buah popok kain layak pakai /baru dengan berbagai kondisi, berbagai jenis serta berbagai merk baik lokal maupun import.

Dengan batas waktu antara pengumpulan dan pelaksanaan penyerahan donasi yang sangat dekat – hanya 4 hari -, panitia sempat memiliki rasa khawatir juga. Apalagi beberapa popok kain donasi masih berada di mitra kami sehinga ada rasa harap-harap cemas. Ternyata kekhawatiran masih berlanjut. H-2 cuaca di Jakarta mendung padahal semua popok kain yang diterima harus dilakukan prewashing dulu supaya sudah siap pakai oleh penerima. Untunglah Tuhan mendengar doa kami. H-1 cuaca Jakarta terik sehingga semua popok kain bisa kering semua.

Akhirnya hari yang dinanti tiba. Tanggal 17 Juli 2013 pagi-pagi sekali panitia bergerak menuju lokasi dan berharap supaya hujan tidak turun agar pelaksanaan penyerahan donasi bisa berlangsung lancar.

Panitia beserta pengurus RW 07 menyiapkan tempat dan menginformasikan ulang ke masyarakat bahwa hari ini acara akan berlangsung. Satu persatu masyarakat mulai berdatangan. Terlihat mereka cukup antusias. Berhubung acara ini berlangsung berbarengan dengan acara posyandu bulanan serta kapasitas ruang sekretariat RW 07 yang tidak besar, akhirnya kami membagi peserta dan mebuat menjadi beberapa sesi sosialisasi.

Sesi pertama dimulai. Lebih dari 30 ibu menghadiri ruang sosialisasi. Kemudian ibu pengurus RW pun membuka acara ini, dan akhirnya dimulailah sesi Sosialisasi Penggunaan Popok Kain. Di tengah bayi yang menangis, ibu-ibu tetap semangat mendengarkan Mom Nanin dan Mom Mitha dari Milis Popok Kain yang semangat memberikan penyuluhan. Mereka cukup antusias untuk bertanya dan menjawab seputar popok kain. Ibu-ibu pun cukup sabar untuk bergantian mendengarkan sosialisasi ini hingga  sesi berlanjut menjadi 4 sesi sosialisasi. Bravo untuk Mom Nanin & Mom Mitha yang tidak kehabisan semangat untuk memberikan penyuluhan walau dalam suasana bulan puasa. Tercatat ada 134 paket popok kain yang dibagikan kepada ibu-ibu RW 07. Sisanya dibawa kembali oleh panitia.

 

Kami berharap, langkah kecil ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi ibu-ibu di RW 07 dan umumnya bagi lingkungan di sekitar kita. Diharapkan juga langkah kecil ini dapat semakin menyadarkan masyarakat akan pentingnya penggunaan popok kain yang lebih ekonomis, ramah lingkungan dan lebih menyehatkan.

Sampai Jumpa di Charity berikutnya.

Happy Cloth Diapering!


* Disusun oleh Bunda Raina dan diedit oleh Sitha.

 

Panitia CDA mengucapkan:

Terima kasih yang tak terhingga kepada para donatur popok kain serta para media partner yang telah berkontribusi dalam kelancaran acara CDA ini.

2 Comments to “Cloth Diaper for All, Berbagi Pada Sesama”

  1. Saya juga ingin skali mengadakan Acara seperti diatas,supaya bisa berbagi ilmu, tapi saya bingung harus dimulai Dari mana Dan seperti apa,adakah yang bisa membimbing

    • Maaf utk respon kami yg telat. Semoga Anda sudah mendapatkan info atau bantuan yg dibutuhkan ya. Kl belum, coba galang kerjasama dulu dgn rekan2 satu ide (bisa dari grup tertentu yg terkait parenting dan popok kain). Setelah itu cari info ke lingkungan sekitar, apk kira2 ide Anda bisa dilaksanakan di situ. Selebihnya nanti akan mengalir. Biasanya donatur banyak yg mau berpartisipasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: