About

Milis Popok Kain adalah komunitas maya yang dibentuk pada tanggal 26 Juli 2009 dalam grup diskusi yahoogroups. Tujuan dibentuknya milis ini adalah sebagai support group kepada para orang tua yang memakaikan popok kain pada bayi dan anaknya. Pada waktu itu, kami belum menemukan grup diskusi sejenis yang berbahasa Indonesia sehingga dirasakan perlu untuk membuatnya.

Kegiatan sehari-hari milis ini adalah membahas topik-topik yang terkait popok kain (cloth diapers, clodi) seiring dengan berkembangnya minat dan juga bertambah luasnya pola pemikiran “back to nature” dan “eco friendly“.

Jumlah anggota Milis Popok Kain sudah mencapai 1256 orang (data per tanggal 18 Juni 2012) dan terdiri dari para ibu rumah tangga maupun ibu bekerja, serta beberapa bapak, yang kesemuanya memiliki anak batita. Anggota milis ini tersebar di seluruh Indonesia dan di beberapa negara di luar Indonesia seperti Jepang, Perancis, Amerika dan Korea Selatan. Saat ini komunitas kami lebih aktif di Facebook Group yang bernama Cloth Diapering Parents Indonesia (CDPI) yang memiliki lebih dari 5000 anggota (data per akhir Desember 2014).

Ada beberapa alasan mengapa anggota milis ini memilih popok kain bagi anak-anaknya. Tiga alasan utama adalah:

  1. Menghemat biaya pengeluaran popok sekali pakai (pospak)

  2. Menghindari gangguan kesehatan kulit pada bayi/anak

  3. Membantu mengurangi sampah popok sekali pakai (pospak)

Topik-topik utama yang dibahas dalam komunitas ini adalah review atau ulasan terhadap beragam popok kain (baik yang tradisional maupun yang modern), jenis-jenis atau sistem popok kain, pemilihan yang tepat sesuai kebutuhan dan perawatannya, serta cara membuat popok kain itu sendiri.

Blog ini merupakan versi terbaru dari blog kami sebelumnya yaitu http://milis-popok-kain.blogspot.com/. Semua artikel dalam blog ini merupakan pengalaman pribadi masing-masing penulis, rangkuman pengalaman pribadi beberapa member milis popok kain, liputan acara yang dihadiri perwakilan komunitas, hasil-hasil survey kecil dan juga kutipan informasi dari sumber-sumber terpercaya seputar popok kain.

Untuk bergabung dengan komunitas Milis Popok Kain, Anda dapat mengirimkan email ke: popok-kain-subscribe@yahoogroups.com.  Setelah permohonan keanggotaan disetujui, Anda akan menerima beberapa file melalui email yang berisikan peraturan dan informasi-informasi praktis lainnya yang sangat penting untuk dibaca sebelum berinteraksi di dalam milis. Atau, bila Anda memiliki akun Facebook, Anda bisa langsung bergabung dengan kami di CDPI. Setelah permintaan bergabung disetujui, Anda diharapkan untul membaca netiket yang berisi peraturan dasar grup.

Twitter: @milispopokkain

Facebook Group: Cloth Diapering Parents Indonesia

Salam Popok Kain!

Owner dan Moderator

 

PS. Untuk fast response, silakan menghubungi kami via Cloth Diapering Parents Indonesia (Facebook Group).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: